Abstract:
|
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui bauran pemasaran berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada PT.Cipta Niaga Semesta Kota Parepare. (2) Untuk mengerahui bauran pemasaran berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada PT.Cipta Niaga Semesta Kota Parepare.
Dalam penelitian ini analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan dan koefisien determinasi untuk mengetahui hipotesis yang ada pada penelitian ini. Sampel yang dijadikan dalam penelitian ini merupakan toko retail yang ada di Kota Parepare dengan jumlah sebanyak 109 Toko.
Hasil analisis data yang didapatkan peneliti menunjukkan bahwa Produk (Xı) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada PT.Cipta Niaga Semesta Kota Parepare (-1,252 < 1,983) dan tingkat signifikan (0,214 > 0,05). Harga (X2) berpengaruh secara parsial keputusan pembelian pada PT.Cipta Niaga Semesta Kota Parepare (2,095 > 1,983) dan tingkat signifikan (0,039 < 0,05). Lokasi (X3) berpengaruh secara parsial keputusan pembelian pada PT.Cipta Niaga Semesta Kota Parepare (2,054 > 1,983) dan tingkat signifikan (0,042 < 0,05). Promosi (X4) berpengaruh secara parsial keputusan pembelian pada PT.Cipta Niaga Semesta Kota Parepare (10,312 > 1,983) dan tingkat signifikan (0,000 < 0,05). Bauran Pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada PT.Cipta Niaga Semesta Kota Parepare (185,950 > 2,69). Nilai R square atau R kuadrat yang diperoleh sebesar 0,887 artinya 88,7% pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian pada PT.Cipta Niaga Semesta Kota Parepare sedangkan sisanya sebesar 11,3% diperoleh oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti seperti process, people, physical Evidence, dan lain sebagainya. |